Sabtu, 18 Januari 2014

IPS KELAS 9 (ASIA TENGGARA )

1  Kamboja




 












                       Letak Astronomis : 10° LU - 14° LU, 102° BT - 108° BT
                       Batas – batas wilayah negara Kamboja:
Utara     :  Negara Laos dan Thailand
Timur      : Negara Vietnam
Selatan   :  Teluk Siam.
Barat       : Negara Thailand
Bentuk pemerintahan : Kerajaan berkonstitusi          

*     Sejarah:
Perkembangan peradaban Kamboja terjadi pada abad 1 Masehi. Selama abad ke-3,4 dan 5 Masehi, negara Funan dan Chenla bersatu untuk membangun daerah Kamboja. Negara-negara ini mempunyai hubungan dekat dengan China dan India. Kekuasaan dua negara ini runtuh ketika Kerajaan Khmer dibangun dan berkuasa pada abad ke-9 sampai abad ke-13. Kerajaan Khmer masih bertahan hingga abad ke-15. Ibukota Kerajaan Khmer terletak di Angkor, sebuah daerah yang dibangun pada masa kejayaan Khmer. Angkor Wat, yang dibangun juga pada saat itu, menjadi simbol bagi kekuasaan Khmer.
Pada tahun 1432, Khmer dikuasai oleh Kerajaan Thai. Dewan Kerajaan Khmer memindahkan ibukota dari Angkor ke Lovek, dimana Kerajaan mendapat keuntungan besar karena Lovek adalah bandar pelabuhan. Pertahanan Khmer di Lovek akhirnya bisa dikuasai oleh Thai dan Vietnam, dan juga berakibat pada hilangnya sebagian besar daerah Khmer. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1594. Selama 3 abad berikutnya, Khmer dikuasai oleh Raja-raja dari Thai dan Vietnam secara bergilir.
Pada tahun 1863, Raja Norodom, yang dilantik oleh Thai, mencari perlindungan kepada Perancis. Pada tahun 1867, Raja Norodom menandatangani perjanjian dengan pihak Perancis yang isinya memberikan hak kontrol provinsi Battambang dan Siem Reap yang menjadi bagian Thai. Akhirnya, kedua daerah ini diberikan pada Kamboja pada tahun 1906 pada perjanjian perbatasan oleh Perancis dan Thai. Kamboja dijadikan daerah Protektorat oleh Perancis dari tahun 1863 sampai dengan 1953, sebagai daerah dari Koloni Indochina. Setelah penjajahan Jepang pada 1940-an, akhirnya Kamboja meraih kemerdekaannya dari Perancis pada 9 November 1953. Kamboja menjadi sebuah kerajaan konstitusional dibawah kepemimpinan Raja Norodom  Sihanouk.
Pada saat Perang Vietnam tahun 1960-an, Kerajaan Kamboja memilih untuk netral. Hal ini tidak dibiarkan oleh petinggi militer, yaitu Jendral Lon Nol dan Pangeran Sirik Matak yang merupakan aliansi pro-AS untuk menyingkirkan Norodom Sihanouk dari kekuasaannya. Dari Beijing, Norodom Sihanouk memutuskan untuk beraliansi dengan gerombolan Khmer Merah, yang bertujuan untuk menguasai kembali tahtanya yang direbut oleh Lon Nol. Hal inilah yang memicu perang saudara timbul di Kamboja. Khmer Merah akhirnya menguasai daerah ini pada tahun 1975, dan mengubah format Kerajaan menjadi sebuah Republik Demokratik Kamboja yang dipimpin oleh Pol Pot. Mereka dengan segera memindahkan masyarakat perkotaan ke wilayah pedesaan untuk dipekerjakan di pertanian kolektif. Pemerintah yang baru ini menginginkan hasil pertanian yang sama dengan yang terjadi pada abad 11. Mereka menolak pengobatan Barat yang berakibat rakyat Kamboja kelaparan dan tidak ada obat sama sekali di Kamboja.
Pada November 1978, Vietnam menyerbu RD Kamboja untuk menghentikan genosida besar-besaran yang terjadi di Kamboja. Akhirnya, pada tahun 1989, perdamaian mulai digencarkan antara kedua pihak yang bertikai ini di Paris. PBB memberi mandat untuk mengadakan gencatan senjata antara pihak Norodom Sihanouk dan Lon Nol. Sekarang, Kamboja mulai berkembang berkat bantuan dari banyak pihak asing setelah perang, walaupun kestabilan negara ini kembali tergoncang setelah sebuah kudeta yang gagal terjadi pada tahun 1997.
*     Kegiatan Perekonomian:
    Kegiatan ekonomi utama penduduk Kamboja adalah pertanian. Daerah pertanian banyak terdapat disepanjang Sungai Mekong dan sekitar Danau Tonle Sap. Hasil pertanian utama adalah padi. Hasil pertanian dan perkebunan lainnya berupa jagung, buncis, umbi-umbian, dan tembakau.    Kegiatan ekonomi lain yang dilakukan penduduk Kamboja adalah pertambangan. Hasilnya antara lain tembaga, besi, mangan, dan emas. Penduduk Kamboja juga melakukan usaha di bidang perikanan dan kehutanan. Perikanan dilakukan di DanauTonle Sap. Hasil hutan Kamboja adalah jati dan maho.
    Perikanan merupakan kegiatan kedua besarnya di negara ini, kebanyakn para petani menjadi nelayan pada musim kering. Daerah perikanan terpenting ialah Tonselap yang menghasilkan 50% dari jumlah tangkapan ikan di Khmer. Daerah perikanan lainnya meliputi kawasan pinggir laut di sepanjang Mekong dan cabang-cabangnya di sawah padi dan paya-paya. Sebagian besar hasil tangkapan ikan di negara ini telah dijadikan bahan ekspor.
            Bahan galian (pertambangan) kurang penitng, karena jumlahnya kecil, hanya fosfat dan biji besi yang ditambang dalam jumlah besar. Biji besi terdapat dekat Phnom Penh dan posfat dekat Kampot dan Battambang.
*     Bentuk pemerintahan:
Monarki Konstitusional. Kepala negara dijabat oleh raja sedangkan kepala pemerintahan dijabat oleh perdana menteri.
 Laos 




Letak Astronomis : 14°LU – 22°LU dan 100°BT – 107°BT
Batas-batas wilayah : 
Utara      : Negara Republik Rakyat Cina(RRC)
Timur      : Negara Vietnam.
Selatan   : Negara Kamboja
Barat       :  Negara Thailand.
Bentuk pemerintahan : Republik Rakyat Komunis.

*     Sejarah:
Awal sejarah Laos didominasi oleh Kerajaan Nanzhao, yang diteruskan pada abad ke-14 oleh kerajaan lokal Lan Xang yang berlangsung hingga abad ke-18, setelah Thailand menguasai kerajaan tersebut. Kemudian Perancis menguasai wilayah ini di abad ke-19 dan menggabungkannya ke dalam Indochina Perancis pada 1893. Setelah penjajahan Jepang selama Perang Dunia II, negara ini memerdekakan diri pada 1949 dengan nama Kerajaan Laos di bawah pemerintahan Raja Sisavang Vong.
Keguncangan politik di negara tetangganya Vietnam membuat Laos menghadapi Perang Indochina Kedua yang lebih besar (disebut juga Perang Rahasia) yang menjadi faktor ketidakstabilan yang memicu lahirnya perang saudara dan beberapa kali kudeta. Pada 1975 kaum komunis Pathet Lao yang didukung Uni Soviet dan komunis Vietnam menendang pemerintahan Raja Savang Vatthana dukungan Amerika Serikat dan Perancis. Setelah mengambil alih negara ini, mereka mengganti namanya menjadi Republik Demokratik Rakyat Laos yang masih berdiri hingga saat ini. Laos mempererat hubungannya dengan Vietnam dan mengendurkan larangan ekonominya pada akhir dekade 1980an dan dimasukkan ke dalam ASEAN pada 1997.
*     Kegiatan Perekonomian:
Bagi Laos, pertanian adalah pendukung perekonomian utama, yakni 41% daripendapatan negara. Hasil utama pertanian adalah padi, kelapa, pisang, dan jagung.Laos juga memiliki hasil hutan cukup besar serta memiliki nilai komersial yang tinggi karena menjadi komoditi ekspor. Misalnya kayu jati, damar, dan kayu keras lainnya.Bidang lain yang mendukung adalah pertambangan, dengan hasil utama tembaga,timah, biji besi, batu bara, dan belerang. Namun demikian kegiatan pertambangan di Laos belum dilakukan secara maksimal. Laos juga telah mengembangkan kegiatanindustri, terutama industri pengolahan hasil pertanian dan hasil-hasil hutan.
*     Bentuk pemerintahan:
Bentuk pemerintahan Laos adalah Republik Komunis. Kepala negara dijabat oleh presiden  sedangkan kepala pemerintahan dijabat oleh perdana menteri .

 
Myanmar   



Letak Astronomis : 10˚ LU - 29˚ LU dan 92˚ BT - 101˚ BT .
Batas-batas wilayah :
Utara      : Negara Republik Rakyat Cina (RRC)
Timur      : Negara RRC, Laos, dan Thailand.         
Selatan   : Laut Andaman.
Barat       : Negara India, Teluk Banggala, dan Samudera Hindia.
                        Bentuk pemerintahan : Republik

*     Sejarah:
Negara Myanmar (atau yang juga dikenal sebagai negara Birma / Burma) adalah salah satu negara di Asia Tenggara. Negara seluas 680 ribu km2  ini telah diperintah oleh pemerintahan militer sejak kudeta tahun 1988. Negara yang termasuk negara berkembang ini memiliki populasi sebanyak 50 juta jiwa. Ibu kota ini sebelumnya terletak di Yangon, namun dipindah ke Naypyidawpada tanggal 7 Nomvember 2005. Pada 1988, terjadi gelombang demonstrasi besar menentang pemerintahan junta militer. Gelombang demonstrasi ini berakhir dengan tindak kekerasan yang dilakukan tentara terhadap para demonstran. Lebih dari 3000 orang terbunuh. Perubahan nama dari Birma menjadi Myanmar dilakukan oleh pemerintahan junta militer pada tanggal 18 Juni 1989. Junta militer mengubah nama Birma menjadi Myanmar agar etnis non-Birma merasa menjadi bagian dari negara. Walaupun begitu, perubahan nama ini tidak sepenuhnya diadopsi oleh dunia internasional, terutama di negara-negara persemakmuran Inggris.
Beberapa negara Eropa seperti Inggris dan Irlandia yang tidak mengakui legitimasi kekuasaan junta militer tetap menggunakan “Burma” untuk merujuk kepada negara tersebut. PBB, yang mengakui hak negara untuk menentukan nama negaranya, menggunakan Myanmar, begitu pula dengan Perancis dan Jerman. Di Jerman, kementerian luar negeri menggunakan Myanmar, tetapi hampir seluruh media Jerman menggunakan “Burma”. Pemerintah AS, yang tidak mengakui legitimasi kekuasaan junta militer tetap menggunakan “Burma” tetapi mayoritas media besar seperti The New York Times, CNN dan Associated Press menggunakan Myanmar. Pemerintah junta juga mengubah nama Rangoon menjadi Yangon. Pada tanggal 7 November 2005, pemerintah membangun ibu kota baru, bernama Naypyidaw. Mereka juga mengubah lagu kebangsaan dan bendera pada tanggal 21 Oktober 2010.
*     Kegiatan Perekonomian:
Mata pencaharian penduduk Myanmar adalah pertanian,perkebunan,serta pertambangan.Hasil utama pertanian Myanmar adalah padi.Myanmar meruapakam salah satu negara pengasil padi terbesar di Asia Tenggara.Hasil Perkebunannya antara lain tebu, dan kayu Jati.Hasil pertambangannya antara lain Tembaga,Seng,Emas,Timah,Perak,dan Minyak Bumi.
*     Bentuk pemerintahan:
Bentuk pemerintahan Myanmar adalah republik. Kepala negara dan kepala pemerintahannya dijabat oleh presiden.
  
           Thailand.





            Letak Astronomis : 5˚LU - 21˚LU dan 97˚BT - 106˚B
Batas-batas wilayah :
Utara      : Negara  Laos dan Myanmar
Timur      : Negara Kamboja dan Laos         
Selatan   : Negara Malaysia dan Teluk Siam.
Barat       : Negara Myanmar dan Laut Andaman
                        Bentuk pemerintahan : Kerajaan(Monarki)
*     Sejarah:
Kebudayaan Masa Perunggu diduga dimulai sejak 5600 tahun yang lalu di Thailand (Siam). Kemudian, datang berbagai imigran antara lain suku bangsa Mon, Khmer dan Thai. Salah satu kerajaan besar yang berpusat di Palembang, Sriwijaya, pernah berkuasa sampai ke negeri ini, dan banyak peninggalannya yang masih ada di Thailand. Bahkan, seni kerajinan di Palembang dengan Thailand banyak yang mirip. Di awal tahun 1200, bangsa Thai mendirikan kerajaan kecil di Lanna, Phayao dan Sukhotai. Pada 1238, berdirilah kerajaan Thai yang merdeka penuh di Sukhothai ('Fajar Kebahagiaan'). Di tahun 1300, Sukhothai dikuasai oleh kerajaan Ayutthaya, sampai akhirnya direbut oleh Burma di tahun 1767. Jatuhnya Ayutthaya merupakan pukulan besar bagi bangsa Thai, namun tak lama kemudian Raja Taksin berhasil mengusir Burma dan mendirikan ibukotanya di Thon Buri. Di tahun 1782 Raja pertama dari Dinasti Chakri yang berkuasa sampai hari ini mendirikan ibukota baru di Bangkok. Kebudayaan Kerajaan Thai dipengaruhi dengan kuat oleh Tiongkok dan India.
Hubungan dengan beberapa negara besar Eropa dimulai pada abad ke-16 namun meskipun mengalami tekanan yang kuat, Kerajaan Thai tetap bertahan sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara Eropa, meski pengaruh Barat, termasuk ancaman kekerasan, mengakibatkan berbagai perubahan pada abad ke-19 dan diberikannya banyak kelonggaran bagi pedagang-pedagang Britania. Sebuah revolusi tak berdarah pada tahun 1932 menyebabkan dimulainya monarki konstitusional. Sebelumnya dikenal dengan nama Siam, negara ini mengganti nama internasionalnya menjadi "Thailand" pada tahun 1939 dan untuk seterusnya, setelah pernah sekali mengganti kembali ke nama lamanya pasca-Perang Dunia II. Pada perang tersebut, Thailand bersekutu dengan Jepang; tetapi saat Perang Dunia II berakhir, Thailand menjadi sekutu Amerika Serikat. Beberapa kudeta terjadi dalam tahun-tahun setelah berakhirnya perang, namun Thailand mulai bergerak ke arah demokrasi sejak tahun 1980-an.
Pada 26 Desember 2004, pesisir barat Thailand diterjang tsunami setinggi 10 meter setelah terjadinya gempa bumi Samudra Hindia 2004, menewaskan 5.000 orang di Thailand, dan setengahnya merupakan wisatawan. Pada awal 2005 terjadi sebuah tragedi di Thailand Selatan yang mempunyai populasi dengan mayoritas Muslim. Sekitar 70 orang terbunuh akibat kekerasan yang dilakukan oleh rezim Shinawatra. Banyak negara yang mengecam keras tragedi ini. Namun dalam pemilihan kepala pemerintahan, Thaksin Shinawatra kembali memerintah negara ini untuk empat tahun berikutnya.
*     Kegiatan Perekonomian:
Setelah menikmati rata-rata pertumbuhan tertinggi di dunia dari tahun 1985 hingga 1995 - rata-rata 9% per tahun - tekanan spekulatif yang meningkat terhadap mata uang Thailand, Baht, pada tahun 1997 menyebabkan terjadinya krisis yang membuka kelemahan sektor keuangan dan memaksa pemerintah untuk mengambangkan Baht. Setelah sekian lama dipatok pada nilai 25 Baht untuk satu dolar AS, Baht mencapai titik terendahnya pada kisaran 56 Baht pada Januari 1998 dan ekonominya melemah sebesar 10,2% pada tahun yang sama. Krisis ini kemudian meluas ke krisis finansial Asia. Thailand memasuki babak pemulihan pada tahun 1999; ekonominya menguat 4,2% dan tumbuh 4,4% pada tahun 2000, kebanyakan merupakan hasil dari ekspor yang kuat, yang meningkat sekitar 20% pada tahun 2000.
Pertumbuhan sempat diperlambat ekonomi dunia yang melunak pada tahun 2001, namun kembali menguat pada tahun-tahun berikut berkat pertumbuhan yang kuat di RRC dan beberapa program stimulan dalam negeri serta Kebijakan Dua Jalur yang ditempuh pemerintah Thaksin Shinawatra. Pertumbuhan pada tahun 2003 diperkirakan mencapai 6,3%, dan diperkirakan pada 8% dan 10% pada tahun 2004 dan 2005. Sektor pariwisata menyumbang banyak kepada ekonomi Thailand, dan industri ini memperoleh keuntungan tambahan dari melemahnya Baht dan stabilitas Thailand. Kedatangan wisatawan pada tahun 2002 (10,9 juta) mencerminkan kenaikan sebesar 7,3% dari tahun sebelumnya (10,1 juta).
*     Bentuk pemerintahan:
Monarki Konstitusional. Kepala negara dijabat oleh  raja  sedangkan kepala pemerintahan dijabat oleh perdana menteri.

       Vietnam.


            Letak Astronomis : 8˚ LU - 23˚ LU dan 102˚ BT - 109˚ BT
Batas-batas wilayah :
Utara      : RRC.
Timur      : Laut Cina Selatan.
Selatan   : Laut Cina Selatan.
Barat       :Laos dan kamboja.
                        Bentuk pemerintahan : Republik Sosialis.
*     Sejarah:
Orang Vietnam adalah keturunan Mongol nomaden dari Cina dan pendatang dari Indonesia. Menurut mitologi, penguasa pertama dari Vietnam Hung Vuong, yang mendirikan bangsa dalam 2879 SM China memerintah negara itu dikenal sebagai Nam Viet sebagai negara bawahan dari 111 SM sampai abad ke-15, era ekspansi nasionalistis, ketika Kamboja dipaksa keluar dari wilayah selatan yang sekarang Vietnam. Seabad kemudian, Portugis adalah orang Eropa pertama yang memasuki daerah tersebut. Prancis didirikan pengaruhnya di awal abad ke-19, dan dalam 80 tahun itu menaklukkan tiga wilayah di mana negara itu kemudian dibagi – Cochin – Cina di selatan, Annam di wilayah tengah, dan Tonkin di utara.
Prancis lebih dulu bersatu Vietnam pada tahun 1887, ketika satu gubernur – ahli militer diciptakan, diikuti oleh link fisik pertama antara utara dan selatan – sistem kereta api dan jalan. Bahkan pada awal Perang Dunia II, namun, ada perbedaan internal di antara tiga wilayah. Jepang mengambil alih pangkalan militer di Vietnam pada tahun 1940, dan pemerintah pro – Vichy Perancis tetap sampai 1945. Veteran pemimpin Komunis Ho Chi Minh menyelenggarakan gerakan kemerdekaan yang dikenal sebagai Vietminh untuk mengeksploitasi kebingungan melemah pengaruh Perancis di wilayah tersebut. Pada akhir perang, pengikut Ho disita Hanoi dan mendeklarasikan republik singkat, yang berakhir dengan kedatangan pasukan Prancis pada tahun 1946. Paris mengusulkan pemerintah bersatu dalam Uni Perancis di bawah mantan kaisar Annam, Bao Dai. Cochin – China dan Annam menerima proposal tersebut, dan Bao Dai diproklamasikan kaisar semua Vietnam pada tahun 1949. Ho dan Vietminh dirahasiakan dukungan, dan revolusi di Cina memberi mereka bantuan dari luar yang diperlukan untuk perang perlawanan terhadap tentara Perancis dan Vietnam sebagian besar dipersenjatai oleh Amerika Serikat khawatir tentang perang ekspansi Komunis dingin.
*     Kegiatan Perekonomian:
Mata pencaharian penduduk Vietnam sebagian besar adalah di bidang pertanian. Hjasil utama pertaniannya adalah padi. Hasil pertanian lainnya adalah jagung, kapas, tebu, ubi jalar teh, buah-buahan, dan tembakau. Hasil pertambangannya adalah emas, bijih besi, timah, gamping, fosfat, dan seng. Hasil industrinya adalah kapal, mesin, semen, kertas, dan kimia.
*     Bentuk pemerintahan :
 Republik Sosialis. Kepala negara dijabat oleh presiden  sedangkan kepala pemerintahan dijabat oleh perdana menteri.

     Brunei Darussalam.




            Letak Astronomis : 4° LU- 5° LU dan 114° BT- 115° BT
Batas-batas wilayah :
Utara      : Laut Cina Selatan
Timur      : Negara Malaysia (Malaysia Timur).       
Selatan   : Negara Malaysia (Malaysia Timur)
Barat       : Negara Malaysia (Malaysia Timur)
                        Bentuk pemerintahan : Kesultanan (Kerajaan).
*     Sejarah:
Brunei Darussalam mendapatkan kemerdekaannya dari penjajah Inggris pada 1 Januari 1984. Negara Brunei Darussalam yang memiliki nama internasional the Kingdom of Brunei Darusslam. Negara ini beribukota di Bandar Seri Begawan. Sestem pemerintahannya ialah Kesultanan Islam. Lagu kebagsaannya ialah Allah Peliharalah Sultan. Negara ini dipimpin oleh seorang sultan yang dijabat secar turun temurun. Selain sebagai kepala negara, sultan Brunei juga merangkap sebagai perdana menteri atau kepaala pemerinyahan dan menteri pertahanan.


*     Kegiatan Perekonomian:

Perekonomian negara Brunei Darussalam bertumpu pada sektor pertambangan, terutama tambang minyak bumi dan gas alam. Ladang minyak bumi Brunei terdapat di Seria, lepas pantai Kuala Belait, Ampar, dan Jerudong. Sebagian besar minyak mentah disalurkan melalui pipa ke pabrik penyulingan di Miri dan Lutong (Serawak). Hasilnya diekspor ke Jepang, Thailand, Singapura, Amerika Serikat, dan Korea Selatan.

*     Bentuk pemerintahan :
Bentuk pemerintahan Brunei Darussalam ialah kesultanan (kerajaan)  dan kekuasaan tertinggi ada pada tangan sultan.

      Filipina.





                Letak Astronomis : 5o20 LU-21o LU dan 117o BT-126o 30BT
Batas-batas wilayah :
Utara      : Laut Filipina.
Timur      : Laut Filipina dan Samudera Pasifik.
Selatan   :Pulau Sulawesi dan Laut Sulawesi.
 Barat     : Laut Cina Selatan.
Bentuk pemerintahan : Republik.
*     Sejarah:
Nama Filipina (Philippines) berasal dari nama raja Spanyol, yaitu : Philips. Filipina pernah dijajah Spanyol selama 350 tahun lebih, sejak tahun 1521. Pada tanggal 12 Juni 1898 Emilio Aguinaldo memproklamasikan kemerdekaan negara ini. Hal ini terjadi saat negara Spanyol kalah perang dengan Amerika Serikat. Namun ternyata Pilipina jauh dari arti merdeka yang sebenarnya, karena kemudian Amerika Serikat menguasai Filipina berdasarkan Perjanjian Paris, Desember 1898.
Sejak itu Filipina berada di bawah kekuasaan Amerika sampai memperoleh kemerdekaannya lagi pada tanggal 4 Juli 1946. Sekarang hari kemerdekaan diperingati setiap tanggal 12 Juni, sedangkan tanggal 4 Juli diperingati sebagai hari Persahabatan Filipina dan Amerika (Philippines-American Friendship Day)/ Itulah sebabnya nama-nama orang Filipina menggunakan nama-nama orang Spanyol, tetapi gaya hidup dan sistem politiknya seperti orang Amerika Serikat. Sejak Februari 1986 Corazon (Cory) Aquino menjadi Presiden Filipina menggantikan Ferdinand E. Marcos melalui revolusi "Kekuatan Rakyat" (people power). Cory adalah istri mendiang Benigno (Ninoy) Aquino, lawan politik Marcos, yaitu tertembak waktu menginjakkan kaki kembali ke Filipina dari pengasingannya di Amerika Serikat, tanggal 21 Agustus 1983. Kemudian Marcos hidup dalam pengasingannya di Hawaii salah satu negara bagian negara bagian Amerika Serikat.
*     Kegiatan Perekonomian:
Industri yang berkembang di Filipina masih di dominasi industri pengolahan hasilhasil alam, hasil industri dan pertambangan yang merupakan komoditas ekspor dan tembaga, emas, perak, kramik dan bijih besi dan perdagangan Filipina yang didukung oleh komoditas Filipina yang dapat dikembangkan dalam dunia perdagangan internasional sebagai hasil pertanian, seperti serat mania, gula, kopra, buah-buahan dan berbagai jenis kayu hutan ! sedangkan kehidupan laut mencapai jumlah terbanyak di Asia Tenggara.
*     Bentuk pemerintahan :
Bentuk pemerintahan negara Filipina ialah  republik,kepala negara dan pemerintahan adalah  presiden.
     Indonesia.


 
 
                  Letak Astronomis : 6°8LU - 11°15 LS, 94°45 BT - 141°5 BT
                  Batas – batas wilayah negara Kamboja:
Utara        : Negara Filipina, Malaysia dan Laut Cina Selatan
Timur        : Papua Nugini dan Samudera Pasifik
Selatan     : Samudera Hindia, Australia, dan Laut Timor.
Barat        : Samudera Hindia.
Bentuk pemerintahan : Republik.

*     Sejarah:
Indonesia adalah salah satu negara yang pernah di jajah oleh sesama bangsa Asia dan bangsa Eropa, misalnya: Inggris, Portugis,Spanyol, dan Belanda. Dari Asia sendiri, Indonesia pernah dijajah oleh Jepang. Dalam mencapai kemerdekaan, Indonesia melakukan beberapa cara baik itu dengan baik-baik ataupun secara bersenjata, misalnya dalam perjuang fisik dan diplomasi. Namun, perjuangan Bangsa Indonesia tidak lah sia-sia, Indonesia mendapatkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945 yang diproklamasi kan oleh Sang Proklamator, yaitu  Ir.Soekarno dan Moh.Hatta sebagai wakilnya.
*    Kegiatan Perekonomian:
1.       Pertanian
Hasil usaha pertanian adalah usaha yang menghasilkan bahan pangan. Indonesia disebut sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. 
2.       Perkebunan
Perkebunan merupakan usaha penanaman lahan dengan tanaman-tanaman keras. Ada dua macam perkebunan, yaitu perkebunan rakyat dan perkebunan besar. Perkebunan rakyat adalah perkebunan yang dikelola oleh rakyat. Perkebunan besar biasanya dikelola oleh pemerintah atau perusahaan perkebunan.
Tanaman perkebunan dapat digolongkan ke dalam dua golongan, yaitu :
a.  Contoh tanaman perkebunan musiman atau berumur pendek adalah tebu, tembakau, dan rosela.
b.  Contoh tanaman perkebunan tahunan atau berumur panjang atau tahunan adalah teh, kopi, cengkeh, lada, karet, kelapa, dan kelapa sawit.

3.       Kehutanan.
Hasil-hasil hutan, antara lain kayu, rotan, damar, dan kemenyan. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga agar hutan tidak rusak adalah mencegah penebangan liar dan mengadakan reboisasi atau peremajaan hutan. Daerah penghasil kayu hutan adalah Kalimantan, Sumatera, dan Papua.
4.       Industri
Berdasarkan jenis produk yang dihasilkan, bidang industri dibedakan menjadi dua, yaitu:
a.      Industri barang
Industri barang merupakan usaha mengolah bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Kegiatan industri ini menghasilkan berbagai jenis barang, seperti pakaian, sepatu, mobil, sepeda motor, pupuk, dan obat-obatan.
b.    Industri jasa
Industri jasa merupakan kegiatan ekonomi yang dengan cara memberikan pelayanan jasa. Contohnya, jasa transportasi seperti angkutan bus, kereta api, penerbangan, dan pelayaran.
5.        Bidang Ekstraktif
Bidang ekstraktif merupakan usaha untuk memperoleh benda-benda yang tersedia di alam. Contohnya, pertambangan, penangkapan ikan, penebangan kayu, dan pembuatan garam.
1.    Pertambangan
1)    Bahan tambang mineral logam. Contohnya adalah timah, bauksit, besi, nikel, tembaga, dan emas.
2)    Bahan tambang bukan logam. Contohnya adalah keramik, belerang, gibs, dan marmer.
3)    Bahan tambang sumber energi. Contohnya adalah minyak bumi, batubara, dan gas.
6.       Pariwisata
Pariwisata adalah kegiatan bepergian dari tempat tinggal ke tempat wisata dengan tujuan rekreasi. Orang yang melakukan pariwisata disebut wisatawan. Ada wisatawan Nusantara atau wisatawan domestik dan wisatawan manca negara (luar negeri).
Usaha-usaha dalam bidang jasa pariwisata antara lain sebagai berikut.
1.      Pengelola jasa penginapan seperti hotel dan losmen.
2.      Industri dan penjualan barang-barang suvenir atau cinderamata.
3.      Penyedia jasa pemandu wisata.
4.      Penyedia jasa transportasi wisata.
*     Bentuk pemerintahan :
 Bentuk Pemerintahan Indonesia adalah republik konstitusional. Dimana presiden memegang kekuasaan kepala negara dan kepala pemerintahan dengan batasan konstitusi yang berlaku di negara tersebut dan dengan pengawasan parlemen.
Malaysia.

     Letak Astronomis : 0°52’LU – 7°22’LU dan 99°38’BT– 119°11’BT.
                  Batas – batas wilayah negara Kamboja:
Utara        : Laut Cina Selatan dan negara Brunei Darussalam
Timur        : Laut Sulu dan negara Filipina
Selatan     : Pulau Kalimantan
Barat        : Laut Cina Selatan, Selat Karimata, dan Laut Natuna.
Bentuk pemerintahan : Kerajaan berbentuk konstitusi federasi.

*     Sejarah:
Kondisinya tak seperti yang kita bayangkan sebelumnya, sampai saat ini sedikit orang saja yang tahu bahwa mereka (Malaysia) pernah dijajah oleh negara Inggris. Siasat penjajahan Inggris saat tiba di Malaysia menjadi kunci dari segala kondisi Malaysia saat ini. Inggris tidak secara langsung menjajah Malaysia seperti Belanda menjajah Indonesia. Mereka lebih picik, mereka mengontrol para pemimpin daerah (Sultan / Raja) Malaysia kemudian Raja-raja tersebut mengontrol rakyatnya seolah mereka hanya menjalankan perintah sang Raja.

Hingga tiba saat para Pahlawan Bangsa Indonesia menginvasi daerah Malaysia 10 tahun sebelum Malaysia merdeka (1937) membawa semangat perjuangan untuk Merdeka (sejak sumpah pemuda 1928). Disanalah segelintir bangsa Malaysia tersadar dan mulai melakukan perlawanan terhadap kolonialisme. Banyak hal yang membuat kita patut bangga sebagai Warga Negara Indonesia, selain semangat solidaritas 1 rumpun untuk merdeka, bendera yang digunakan bangsa Malaysia saat memberontak saat itu adalah Sangsaka Merah Putih. Tepatnya 20 Oktober 1947 bangsa Malaysia mendapatkan kemerdekaan dari Inggris sejak 10 tahun perlawanan. Namun Inggris tidak berhenti sampai disana saja, mereka membentuk partai pemerintah yg diberi nama UMNO, yang merupakan pemerintahan boneka Inggris dan hingga saat ini masih mendomiansi parlemen di Malaysia (sekedar informasi, dominasi partai UMNO salahsatunya menbutakan data sejarah dan informasi pers lewat divisi kontrol informasi pemerintahan dan info yang disebar ke rakyat malaysia selalu dibuat dalam 3 bentuk, bahasa Arab untuk melayu, bahasa Cina dan bahasa Inggris dengan maksud tetap memecah 3 kubu ras tersebut agar tidak bersatu menggulingkan pemerintahan UMNO.
Jadi walaupun sudah merdeka, malaysia masih dalam kontrol Inggris. Penjajahan berlanjut sampai saat ini, dimana salah satu bentuk penjajahannya adalah dibutakannya bangsa Malaysia dari sejarah .
*    Kegiatan Perekonomian:
Kegiatan ekonomi utama negara Malaysia adalah pada sektor pertanian. Sebagian besar lahan pertaniannya merupakan areal perkebunan dengan tanaman utama karet dan kelapa sawit. Daerah penanaman karet terletak di Kedah, Perak, Pahang, Selangor, dan Negeri Sembilan. Kelapa sawit terdapat di Johor, Perlak, Pahang, dan Trengganu Hasil pertambangan yang penting antara lain timah putih (terbesar di dunia) terdapat di daerah Ipoh (Perak), minyak bumi terdapat di Miri (Serawak). Hasil tambang yang lain bauksit, bijih besi, emas dan batu bara. Sektor Industri Malaysia terus mengalami peningkatan Industri yang dikembangkan antara lain, idustri elektronika, pesawat terbang dan mobil merk proton. Pusat kawasan Idunstri Malaysia terdapat di kawasan industri Petaling Jaya.
*     Bentuk pemerintahan:
Bentuk pemerintahan yang dianut oleh Malaysia adalah Kerajaan berkonstitusi federasi  dengan sistem pemerintahan Parlementer(Parlimen Westminster Inggris). Ketua Kerajaan atau Kepala Pemerintahan dipegang oleh perdana menteri sedangkan Ketua Negara atau Kepala negara dijabat oleh Yang di Pertuan Agung.






Singapura




            Letak Astronomis : 1˚15’ LU - 1˚26’ LU dan 103˚BT - 104˚BT.
Batas-batas wilayah : 
Utara      : Negara Malaysia (Semenanjung Malaysia)
Timur      : Laut Cina Selatan dan Selat Karimata.   
Selatan   : Selat Singapura, Selat Pandan, Selat Sembilan
               Dan Kepulauan Riau.
Barat       : Selat Malaka dan Pulau Sumatera
                        Bentuk pemerintahan : Republik.

*     Sejarah:
Pada abad ketiga, dalam sebuah catatan China yang menyebutkan sebagai "Puluo-chung" (jika diterjemahkan dari bahasa China berarti pulau yang terletak di ujung semenanjung"). Pada abad ke-14, saat pulau inimendapat nama yang lebihbaru yaitu Temasek (Kota Laut) karena tak hanya terletak di persilangan rute pelayaran semenanjung Malaya saja tetapi juga terletak di ujung Semenanjung Melayu. Kemudian pada akhir abad ke-14, saat seorang pengeran yang sedang berkunjung salah menyangka harimau sebagai singa (kerena singa bukan binatang yang dahulu ada di negara ini) membuat pulau ini dinamakan "Singapura" atau "Kota Singa" akhirnya nama modern untuk Singapura lahirlah.
*     Kegiatan Perekonomian:
Sumber penghidupan penduduk Singapura yang utama adalah perdagangan dan industri. Karena keterbatasan tanah, usaha-usaha pertanian terbatas di daerah-daerah pinggiran kota dan dilakukan dengan pemupukan dan sistem pengairan yang baik (intensif). Pertanian di negara ini ditekankan pada buah-buahan dan bunga-bungaan, terutama anggrek. Produksi pertanian, terutama bahan-bahan pangan, diimpor dari negara-negara tetangga, seperti Indonesia, Malaysia, dan Muangthai. Industri terpusat di daerah Jurong, terutama industri besi dan baja, semen, pembuatan kapal. Industri ringan menghasilkan barang-barang elektronika, makanan, minuman, kimia, tekstil dan sebagainya. Di samping industri, Singapura maju dalam bidang perdagangan. Pertumbuhan ekonominya cukup tinggi, yaitu rata-rata 10% pertahun.
*     Bentuk pemerintahan:
Singapura merupakan Republik Parlementer dan telah menetapkan Perwakilan demokrasi sebagai sistem politik negara. Memiliki sistem Westminster yang mewakili berbagai konstituen. Kekuasaan yang berdaulat terletak pada kabinet dan dipimpin oleh Perdana Menteri. Pemilihan Presiden lebih pada pendekatan seremonial , namun panggilan pada persoalan hukum semata-mata terletak pada Parlemen Singapura.  Dengan sistem Westminster seperti model Parlemen dari Inggris. Sistem menetapkan pedoman untuk operasi legislatif. Kepala negara yang berdaulat memegang kekuasaan eksekutif. Kepala negara memainkan peranan penting dalam menjalankan urusan negara seperti Perdana menteri yang ditunjuk oleh kepala negara. Lembaga yang lebih rendah di parlemen memiliki kewenangan untuk mencabut pemerintahan lewat mosi tidak percaya atau peraturan sejenisnya untuk menstabilkan skenario politik.

Timor Leste.





Letak Astronomis : 8°LS - 10°LS dan 124°BT - 127°30’BT
Batas-batas wilayah :
Utara        : Selat Ombal dan Selat Wetar
Timur        : Laut Arapuru
Selatan      : Laut Timor
Barat         : Nusa Tenggara Timur
Bentuk  Pemerintahan : Republik Kesatuan                      
*     Sejarah:
Dahulu sebelum bergabung dengan Indonesia di Timor Timur lahir lima partai, yaitu : partai UDT yang menginginkan Timor Timur bergabung dengan portugal, partai ASDT yang berganti nama menjadi FRETILIN menginginkan Timor Timur menjadi Negara merdeka, serta tiga partai lain yang menginginkan Timor Timur bergabung dengan Indonesia yaitu: AITI yang berubah nama menjadi APODETI, KOTA, dan Partido Trabalhista/Partai Buruh. Kemudian pada 11 September 1975 tiba-tiba UDT mendeklarasikan keinginannya untuk bergabung dengan Indonesia. Dan pada 28 November 1975 atas cetusan FRETILIN, Timor Timur pun merdeka dengan nama Republik Demokratik Timor Timur. Deklarasi tersebut tidak diterima partai lain yang Pro-integrasi, sehingga kelompok Pro- integrasi mendeklarasikan integrasi dengan Indonesia pada 30 November 1975 dan meminta dukungan agar Indonesia ambil alih Timor  Timur dari kekuasaan FRETILIN yang berhaluan marxis- Komunis.
Saat Indonesia mendarat di Timor Timur pada 7 Desember
1975, FRETILIN dan ribuan rakyatnya mengungsi ke pegunungan untuk melawan
Indonesia. Pada akhirnya penduduk banyak yang meninggal karena pemboman dari udara oleh Indonesia, kelaparan, penyakit, dan bahkan ada yang karena dibunuh sesama FRETILIN di hutan. Perbedaan sikap politik antara partai-partai yang ada menimbulkan perang saudara dan Indonesia terus mengikuti kondisi atas peristiwa tersebut. Adapun tanggapan Indonesia terhadap permintaan kelompok Pro- integrasi yaitu menerima Timor Timur sebagai bagian dari Indonesia. Timor Timur pun bergabung dengan Indonesia secara legal/ resmi sesuai UU.No7/1976, pada tanggal 17 Juli 1976. Integrasi “bumi Loro Sae“ ke NKRI tersebut merupakan buah aspirasi masyarakat Timor Timur sendiri melalui deklarasi Balibo. Karena bergabung di Indonesia belakangan, Timor Timur pun bukan bagian utuh dari Indonesia, karena tidak termasuk dalam Indonesia pada saat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Pada waktu itu Presiden Habibie menganggap pembiaran integrasi Timor  Timur ke Indonesia oleh dunia internasional terutama Amerika dan sekutunya disebabkan saat itu terjadi kekosongan kekuasaan di  Timor  Timur dan karena khawatir Timor Timur menjadi daerah komunis lewat  FRETILIN. Namun setelah Blok Timur/ Komunis runtuh, dunia barat mulai mempermasalahkan integrasi Timor Timur tersebut. Selain desakan referendum oleh PBB dan Portugal serta desakan internasional, sejak awal peralihan Orde Baru ke Reformasi Timor Timur masih terus menjadi beban bagi Indonesia karena gejolak masyarakat disana yang sebagian besar pro-referendum sementara tidak sedikit curahan sumber daya untuk Timor Timur yaitu 93% APBD provinsi ini ditanggung oleh Negara yang jauh berbeda dengan bantuan untuk daerah lain. Alokasi dana dari Indonesia ditujukan untuk pembangunan di Timor Timur yang luasnya 14.609 km².
Bantuan itu berupa dana pembangunan daerah inpres dan dana sektoral masing- masing berjumlah Rp 350,7 miliar dan Rp 602,4 miliar yang mendorong kemajuan di Timor Timur. Hasilnya kesejahteraan sosial , angka melek huruf, ruas jalan beraspal, hingga bangsal di Rumah Sakit pun terus bertambah, bahkan saat semakin besar potensi untuk berpisah dengan Indonesia tahun 1999, Timor Timur masih menerima alokasi APBN sebesar Rp 187,3 Miliar untuk pembangunan provinsi, kota, desa, dan jaringan pengaman sosial, serta untuk menanggulangi kemiskinan. Sehingga Timor Timur menjadi seperti benalu bagi Indonesia bahkan sampai di akhir-akhir masa integrasinya. Selain dana yang cukup besar dari pemerintah untuk Timor Timur, masalah daerah lain yang ikut ingin merdeka, masalah gerilya politik oleh kelompok Anti-integrasi, dan kritik serta kecaman negara-negara barat atas pelanggaran HAM di Timor Timur yang terus ditujukan kepada Indonesia, semua itu semejak Timor Timur menjadi provinsi ke-27 di Indonesia.  Dan perang saudara selama 3 bulan September-November 1975 di Timor Timur dan pendudukan Indonesia selama 23 tahun 1976-1999, sudah lebih dari 200.000 orang meninggal dan 183.000 diantaranya disebabkan tentara Indonesia yaitu karena keracunan bahan kimia dari bom, karena hal tersebut PBB tidak setuju dengan integrasi Timor Timur ke Indonesia. Ketidaksetujuan PBB juga dikarenakan ada kaum anti-kemerdekaan yang didukung Indonesia melakukan pembantaian balasan secara besar-besaran dimana sekitar 1.400 jiwa tewas dan 300.000 jiwa dipaksa mengungsi ke Timor Barat. Untuk mengatasi permasalahan di Timor Timur.
*    Kegiatan Perekonomian:
Timor Leste mengharapkan bisa mengeksploitasikan minyak bumi di Celah Timor (Timor Gap), namun sepertinya sulit untuk mendapatkan pendapatan devisa yang besar di Celah Timor karena Australia telah mengiming-imingi Timor Leste dengan pengelolaanya dan Australia mendapatkan hasil eksploitasinya sebesar 80% dan sisanya diberikan ke Timor Leste. Australia juga telah menghalang-halangi Timor Leste untuk dapat menguasai Celah Timor secara penuh, dengan cara mengulur-ulur penyelesaian perbatasan kedua negara. Walaupun telah merdeka, Timor Leste masih sangat tergantung dengan pasokan barang-barang dari Indonesia mulai dari sembako sampai bahan bakar minyak (BBM) terutama melalui provinsi Nusa Tenggara Timur.  Australia pernah mencoba menguasai distribusi barang-barang kebutuhan sehari-hari tapi gagal karena terlalu mahal dan kurang dikenal rakyat Timor Leste.
Negara ini memiliki potensi terhadap minyak dan gas, namun mereka menghadapi tantangan sosial dan ekonomi yang sangat berat dari rakyat. kondisi ekonomi rakyat khususnya di daerah-daerah pedalaman belum membaik karena pasar-pasar yang sempat dirusak pasukan Indonesia saat mundur tahun 1999 masih belum diperbaiki.
*     Bentuk pemerintahan:
Bentuk pemerintahan Timor Leste adalah republik. Dengan sistem pemerintahan presidensial . Kepala negara dijabat oleh  presiden  yang dipilih langsung oleh rakyatnya dan kepala pemerintahan dijabat oleh perdana menteri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar