Sabtu, 21 September 2013

TIK ( KONSEP JARINGAN )



*      Sistem Operasi
Apa sistem operasi yang digunakan oleh komputer user  dan komputer client anda ?
= Operating System atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software  aplikasi seperti program-progrram pengolah kata dan browser web. Diwarnet yang saya kunjungi sebagai lokasi tempat penelitian ini, yaitu Warnet Red Hot, ­ menggunakan sistem operasi jenis windows XP, baik itu komputer user  maupun komputer client nya. Windows XP adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama "XP" adalah singkatan dari "Experience".
*      Topologi Jaringan
Apa jenis topologi yang digunakan oleh warnet ini?
=  Topologi  jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan,  yaitu node, link dan,  station. Diwarnet Red Hot  ini, menggunakan topologi star . Topologi bintang/ Star  merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.Berikut adalah gambar topologi star :

Kelebihan
·         Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
·         Tingkat keamanan termasuk tinggi.
·         Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
·         Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
Kekurangan
·         Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti

Pada topologi star, HUB/switch berfungsi seperti pengatur lalu lintas. Jika satu komputer ingin mengirimkan data ke komputer lainnya maka data tersebut dikirimkan ke HUB/switch terlebih dahulu, yang kemudian meneruskannya ke komputer tujuan.
*      IP ( Internet Protocol )
= Internet Protocol adalah sebuah alamat sebuah host yang terhubung dalam jaringan internet. bisa juga dalam jaringan Local Area Network (LAN). Organisasi yang mengatur alokasi IP address adalah IANA ( Internet Assigned Number Authority ), sehingga IANA lah yang mengatur penetapan parameter protokol internet negara-negara di dunia. Kelas IP yang digunakan dalam warnet ini  adalah kelas C yaitu dengan nilai konfigurasi IP address urut dari 192.168.0.X/27 untuk client, billing mengunakan IP 192.168.0.20, Server Data 192.168.0.29, Accses Point 192.168.0.28/21-25 sedangakan microtiknya menggunakan IP 192.168.0.30. Kelas C digunakan dalam warnet ini karena pada kelas C, IP addressnya lebih umum digunakan.

*      Kecepatan akses pada saat online .
= Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat melakukan akses melalui jalur internet. Terdapat dua macam kecepatan akses internet, yaitu downstream dan upstream. Downstream merupakan kecepatan pada saat kita mengambil data – data dari server internet ke komputer kita. Sedangkan upstream adalah kecepatan transfer data yaitu saat kita mengirimkan data dari komputer ke server. Baik downstream maupun upstream memiliki satuan kecepatan transfer data yaitu bps bit per sekon. Artinya, banyaknya bit data yang dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain tiap detiknya. Modem yang digunakan di warnet Red Hot adalah modem ADSL Speedy yaitu dengan jumlah modem ada 2 dengan bandwidth 1M per speedy. Speedy adalah layanan akses internet end-to-end berkecepatan tinggi dari PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (PT. TELKOM), berbasis teknologi akses Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang memungkinkan terjadinya komunikasi data dan suara secara bersamaan (simultan) melalui satu saluran telepon biasa (pada media jaringan akses kabel tembaga). Kecepatan akses pada saat online  diwarnet ini biasanya 1000 Mbps.

1 komentar: